Waspada! Gempa Cianjur Dikaitkan dengan Potensi Tsunami 34 Meter di Pantai Selatan Jawa dan Ancaman di Cilacap

- Minggu, 27 November 2022 | 08:41 WIB
Waspada! Gempa Cianjur Dikaitkan dengan Potensi Tsunami 34 Meter di Pantai Selatan Jawa dan Ancaman di Cilacap (freepik.com/digitecs)
Waspada! Gempa Cianjur Dikaitkan dengan Potensi Tsunami 34 Meter di Pantai Selatan Jawa dan Ancaman di Cilacap (freepik.com/digitecs)

AYOJAKARTA.COM - Gempa bumi Cianjur disebut dapat berpotensi menyebabkan tsunami dahsyat di perairan selatan Jawa.

BMKG meminta masyarakat di wilayah sekitar Jawa Barat untuk terus waspada terhadap ancaman gempa bumi susulan.

Selain itu, BMKG juga mengimbau pemerintah daerah untuk bersiaga pada skenario terburuk yakni terjadinya potensi tsunami setinggi 34 meter.

Dikutip Ayojakarta.com dari Channel YouTube Indo Line pada Minggu (27/11/2022), Kepala BMKG buka suara terkait dengan adanya potensi tsunami akibat gempa di Jawa Barat ini.

Baca Juga: BREAKING NEWS! Terjadi Gempa Bumi di Sumur-Banten Berkekuatan M4,2

Kepala BMKG, Dwi Karnawati menyebut bahwa potensi tsunami tersebut bukanlah ramalan namun hasil kajian ahli dan pakar kegempaan.

Perihal waktu terjadinya tsunami, dirinya menyatakan belum dapat diketahui secara pasti mengingat belum ada teknologi yang mampu memprediksi waktu terjadinya bencana.

Guna meminimalisir risiko terjadinya tsunami yang belum diketahui tersebut, dirinya mengungkap pemerintah daerah dan masyarakat harus melakukan langkah mitigasi dengan tepat.

Terkait dengan wilayah yang sangat diwaspadai dengan ancaman Tsunami 34 meter bukanlah Cianjur, wilayah terjadinya gempa bumi yang belakangan ini sering terjadi.

Halaman:

Editor: Fathul Amanah

Sumber: YouTube Indo Line, Jurnal Hazard

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X