Tersandung 400 Tim Bayangan dalam Kemendikbud Ristek, Nadiem Makarim Berikan Penjelasan

- Rabu, 28 September 2022 | 14:51 WIB
Tersandung 400 Tim Bayangan, Nadiem Makarim Kemendikbud Ristek Berikan Penjelasan (Tangkap layar Instagram @nadiemmakarim)
Tersandung 400 Tim Bayangan, Nadiem Makarim Kemendikbud Ristek Berikan Penjelasan (Tangkap layar Instagram @nadiemmakarim)

AYOJAKARTA.COMNadiem Makarim mendapat kritikan dari Anggota Fraksi Demokrat Komisi X DPR RI Anita Jacoba Gah dalam rapat bersama DPR RI yang diadakan pada lusa lalu Senin, 26 September 2022, terkait 400 tim bayangan dalam Kemendikbud Ristek.

Pembahasan 400 tim bayangan bermula ketika Nadiem Makarim yang tidak lain adalah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI membawa perihal tersebut dalam agenda United Nations Transforming Education Summit (PBB ) di New York.

Saat itu, Nadiem Makarim mengatakan dalam pertemuan tersebut dengan demikian, "Kami sekarang memiliki 400 orang product manager, software engineer, dan data scientist yang bekerja sebagai tim bayangan untuk Kementerian".

Baca Juga: Nadiem Makarim Buat Kebijakan Untuk PAUD, Dede Yusuf: Mestinya Mereka Happy, Mereka Senang, Mereka Bernyanyi

Adapun Nadiem, menuturkan bahwa 400 tim bayangan itu bukanlah vendor atau pihak luar atau dengan kata lain tidak masuk ke dalam struktur birokrasi, namun pekerjaan mereka sangat melekat dengan Kemendikbud Ristek.

Tujuan dari adanya tim bayangan dalam Kemendikbud Ristek adalah upaya pemenuhan kebutuhan untuk bertukar pikiran demi mengimplementasikan program Kemendikbud-Ristek di dalam bentuk digital atau produk teknologi.

Atas pernyataan Nadiem Makarim tersebut dalam pertemuan PBB, Anita Jacoba Gah lantas memberikan respon keras dalam rapat bersama dengan DPR RI Komisi X.

Baca Juga: Nadiem Makarim Ungkap Aturan Terbaru Seleksi Masuk PTN, Hanya Ada TPS di UTBK

Anita Jacoba Gah merasa heran dengan tindakan Nadiem Makarim yang sesumbar terkait tim bayangan di hadapan dunia.

Halaman:

Editor: Desi Kris

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X