Prakiraan Cuaca Minggu 17 Juli 2022 di Indonesia: 4 Wilayah Diprediksi Hujan Disertai Angin Kencang

- Minggu, 17 Juli 2022 | 06:05 WIB
Prakiraan Cuaca Sabtu 16 Juli 2022 di Indonesia ( WallpaperAccess)
Prakiraan Cuaca Sabtu 16 Juli 2022 di Indonesia ( WallpaperAccess)

AYOJAKARTA.COM - Inilah prakiraan cuaca Minggu 17 Juli 2022 di wilayah Indonesia yang dilaporkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dalam laporan prakiraan cuaca Minggu 17 Juli 2022 diprediksi bahwa terdapat 19 wilayah berpotensi terjadi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang.

Simak informasi selengkapnya di bawah ini terkait prakiraan cuaca Minggu 17 Juli 2022 di wilayah Indonesia.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jumat 8 Juli 2022 di Indonesia: Waspada 14 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Dilansir AyoJakarta.com dari laman bmkg.go.id, Minggu 17 Juli 2022, disebutkan bahwa sirkulasi siklonik terpantau di wilayah utara Papua Barat yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan angin (konvergensi) di perairan sebelah utara Papua Barat, di Papua Barat, di Teluk Cendrawasih, dan di Papua.

Kemudian daerah konvergensi lainnya terpantau memanjang di wilayah Aceh, dari Laut Jawa bagian barat hingga Kep. Bangka-Belitung, di Laut Jawa bagian timur, di Sulawesi bagian tengah, dari perairan Maluku hingga perairan Sulawesi, di perairan sebelah selatan Jawa Tengah hingga Jawa Barat, di pesisir barat Kalimantan Barat, di Maluku, dan di Papua bagian Selatan.

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Jakarta Kamis 14 Juli 2022: Ibu Kota Diprediski Hujan Ringan Siang Hari

Sementara itu, Intrusi Udara Kering dari Belahan Bumi Selatan (BBS) melintas wilayah NTT bagian timur, Laut Banda, Maluku bagian selatan, dan Laut Arafuru yang mampu mengangkat uap air basah di depan batas intrusi jadi lebih hangat dan lembab yaitu di Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara, Papua Barat dan Papua.

Halaman:

Editor: Desi Kris

Sumber: bmkg go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X