Sejarah Singkat Hari Kesaktian Pancasila dan Kaitannya dengan Peristiwa G30S PKI yang Kelam

- Rabu, 28 September 2022 | 13:08 WIB
Ilustrasi, Peringatan Kesaktian Pancasila erat kaitannya dengan peristiwa kelam G30S PKI. (Freepik)
Ilustrasi, Peringatan Kesaktian Pancasila erat kaitannya dengan peristiwa kelam G30S PKI. (Freepik)

AYOJAKARTA.COM -- Hari Kesaktian Pancasila diperingati secara serentak di Indonesia. Peringatan Kesaktian Pancasila erat kaitannya dengan peristiwa kelam G30S PKI.

Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap 1 Oktober dan peringatan pemberontakan G30S PKI diperingati setiap 30 September.

Gerakan 30 September atau G30S PKI merupakan sejarah kelam dan berdarah bagi bangsa Indonesia, karena terjadi peristiwa penculikan dan pembunuhan terhadap para pahlawan revolusi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Bongkar Perilaku Putri Candrawathi, Bripka RR Ungkap soal Dugaan Brigadir J Dipaksa Masuk Kamar Istri Sambo

Lalu apa kaitannya Hari Kesaktian Pancasila dan G30S PKI?

Dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (28/09/2022), sejarah Hari Kesaktian Pancasila bermula dari peristiwa G30S PKI yang terjadi pada 30 September 1965.

Dari 30 September sampai awal 1 Oktober 1965, tujuh perwira militer Indonesia dibunuh dalam suatu usaha kudeta oleh PKI dengan dalih ada sejumlah petinggi militer yang akan mengkudeta pemerintahan resmi Presiden Soekarno.

Baca Juga: Loker Terbaru 2022 BUMN PT Yodya Karya Persero, Anak Akuntan Wajib Daftar

Peristiwa itu akhirnya menewaskan enam jenderal dan satu letnan TNI AD, dimana dibunuh dan jasadnya ditemukan pada 4 Oktober 1965 di sebuah lubang dengan kedalaman 12 meter dan berdiameter 75 cm di Lubang Buaya, Jakarta Timur.

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X