Buntut Tragedi Kanjuruhan, Presiden Jokowi Minta Perbaiki Tata Kelola Sepakbola Indonesia

- Rabu, 5 Oktober 2022 | 21:19 WIB
Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Rabu, 5 Oktober 2022. (Dok. BPMI Setpres)
Presiden Jokowi saat melakukan kunjungan ke Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur pada Rabu, 5 Oktober 2022. (Dok. BPMI Setpres)

AYOJAKARTA.COM - Pada Rabu (5/10/22) Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan ke Stadion Kanjuruhan, Malang. Presiden Jokowi yang didampingi oleh Menpora dan Ketua Umum PSSI meninjau lokasi guna mengetahui peristiwa Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan banyak penonton.

Dalam kunjungannya tersebut, Presiden Jokowi memandang bahwa tragedi Kanjuruhan disebabkan oleh banyaknya faktor.

Sebagai gambaran, tadi saya melihat bahwa problemnya ada di pintu yang terkunci dan juga tangga yang terlalu tajam, ditambah kepanikan yang ada, tapi itu saya hanya melihat lapangannya,” ucap Presiden dalam keterangannya di Stadion Kanjuruhan, Malang, dikutip dari setkab.go.id.

Baca Juga: Ternyata Lesti Kejora Sering Alami KDRT, Polisi Ungkap Rizky Billar Pernah Lempar Istrinya dengan Benda Ini

Presiden Jokowi menegaskan bahwasanya tata kelola persepakbolaan Indonesia harus diperbaiki secara keseluruhan, mulai dari tata kelola pertandingan, stadion, penonton, hingga pengamanan.

“Saya kira kita memang perlu evaluasi total semuanya, baik manajemen pertandingan, manajemen stadion, manajemen penonton, manajemen waktu, manajemen pengamanan. Semuanya harus dievaluasi total agar peristiwa yang terjadi di Stadion Kanjuruhan ini tidak terjadi lagi, jelas semuanya,” tambahnya.

Selain itu, Presiden Jokowi juga mengklaim bahwa pemerintah telah membentuk tim gabungan independen pencari fakta (TGIPF) yang diketuai langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD. Tujuan dibentuknya tim gabungan tersebut yaitu untuk mencari tahu detail-detail yang menjadi penyebab utama atas terjadinya tragedi di Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga: Jadi Bukti Kuat Suami Ayu Dewi Selingkuh dengan Denise Chariesta: dari Bunga hingga Video Ini

Tim gabungan tersebut nantinya akan bertugas mengumpulkan fakta dan segala informasi dari berbagai pihak, yang nantinya akan disampaikan secara transparan kepada masyarakat. Tim gabungan juga akan berbagi tugas sesuai dengan bidangnya masing-masing.***

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X