Bukan Cimandiri, Dosen Unpad Curiga Ada Sesar Lain Penyebab Gempa Cianjur: Potensi Memicu Aktivitas Vulkanik ?

- Minggu, 27 November 2022 | 18:02 WIB
Bukan Cimandiri, Dosen Unpad Curiga Ada Sesar Lain Penyebab Gempa Cianjur: Berpotensi Memicu Aktivitas Vulkanik?
Bukan Cimandiri, Dosen Unpad Curiga Ada Sesar Lain Penyebab Gempa Cianjur: Berpotensi Memicu Aktivitas Vulkanik?

AYOJAKARTA.COM--Sebuah teori diungkapkan oleh dosen Universitas Padjajaran, berkaitan dengan penyebab gempa Cianjur yang terjadi belum lama ini.

Dosen Fakultas Teknik Geologi Unpad, Dr. Ir. Ismawan, M.T mengungkapkan bahwa dirinya ragu bahwa Sesar Cimandiri adalah penyebab dari gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,6 SR yang terjadi di Cianjur.

Sebelumnya, sebuah gempa berkekuatan Magnitudo 5,6 SR telah terjadi di Cianjur dan menyebabkan ratusan bangunan hancur serta menewaskan ratusan korban jiwa.

Baca Juga: Gempa yang Guncang Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat Berkekuatan M 4,6 Tidak Berpotensi Tsunami

Beberapa orang berpendapat bahwa gempa tersebut dipicu oleh pergerakan Sesar Cimandiri yang diketahui berada dekat dengan pusat gempa.

Walaupun demikian, Ismawan berpendapat bahwa lokasi episenter gempa tersebut jauh dari bentangan Sesar Cimandiri, sehingga mendukung hipotesisnya.

“Yang jelas, saya yakin ini bukan bagian dari sesar Cimandiri, meskipun arahnya sama,” kata Ismawan dikutip dari situs resmi Unpad.

Baca Juga: Waspada! Gempa Cianjur Dikaitkan dengan Potensi Tsunami 34 Meter di Pantai Selatan Jawa dan Ancaman di Cilacap

Ismawan mengatakan, kawasan Cugenang yang menjadi episenter gempa Cianjur berjarak sekira 10 kilometer di sebelah utara jalur patahan Cimandiri.

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Unpad.ac.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X