Geliat Sesar Cugenang Sebabkan 487 Gempa Susulan, 12 Desa Masuk Zona Terlarang

- Selasa, 24 Januari 2023 | 11:02 WIB
Rentetan gempa bumi dengan magnitudo 4,4 dan 4,3 yang terjadi mengejutkan warga Cianjur, Jawa Barat hari ini, Selasa, 24 Januari 2023. (BMKG)
Rentetan gempa bumi dengan magnitudo 4,4 dan 4,3 yang terjadi mengejutkan warga Cianjur, Jawa Barat hari ini, Selasa, 24 Januari 2023. (BMKG)

AYOJAKARTA.COM - Rentetan gempa bumi dengan magnitudo 4,4 dan 4,3 yang terjadi mengejutkan warga Cianjur, Jawa Barat hari ini, Selasa, 24 Januari 2023.

Menurut akun Instagram @bmkgwilayah2, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan akibat aktivitas sesar Cugenang.

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat dari platform Twitter, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Cianjur, Cikalongkulon, Cipanas, dan Sukabumi dengan Skala Intensitas III-IV, Getaran dirasakan nyata dalam rumah.

Baca Juga: 10 Sesar Aktif di Indonesia Ini Berpotensi Sebabkan Gempa, Simak Penjelasan Beserta Lokasi dan Jenisnya

Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu. Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi.

Skala Intensitas III dirasakan di Purwakarta, getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Kemudian skala intensitas II dirasakan di wilayah Jakarta Selatan, Tangerang Selatan, Bekasi, Depok, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Baca Juga: Terungkap! Sesar Aktif di Berbagai Daerah yang Perlu Diketahui untuk Langkah Mitigasi Bencana Masyarakat

Sesar cugenang merupakan penyebab gempa bumi merusak yang terjadi pada 21 November tahun lalu.

Sesar ini merupakan sesar baru yang terdeteksi beberapa waktu kemudian setelah gempa bumi terjadi.

Sebelumnya, para ahli memperkirakan bahwa penyebab dari gempa bumi tersebut adalah sesar Cimandiri.

Baca Juga: Simulasi Jika Sesar Lembang Picu Gempa Magnitudo 6.8 di Jawa Barat, Ini yang Harus Dilakukan Masyarakat!

Selama bergeliat sesar Cugenang hingga 24 Januari pukul 03.15 WIB telah menyebabkan 487 kali guncangan pada sumber patahannya.

Para ahli pun telah menginformasikan berupa peta bahaya dengan sumber patahan Cugenang yang kemudian diunggah pada laman bmkg.go.id.

Dari hasil verifikasi, dihasilkan 3 zona bahaya gempa bumi yakni Zona Terlarang (Merah), Zona Terbatas (Orange) dan Zona Bersyarat (Kuning).

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Sumber: bmkg.go.id, Instagram @bmkgwilayah2

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X