Nugroho Setiawan, Satu-satunya Pemilik Lisensi FIFA Security Officer Buka Suara soal Tragedi Kanjuruhan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 08:45 WIB

AYOJAKARTA.COM - Nama Nugroho Setiawan mencuat dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan yang terjadi pada hari Sabtu (1/10/2022). Nugroho Setiawan menjadi perbincangan para warganet terutama di media sosial Twitter berkaitan dengan lisensi FIFA security officer.

Diketahui, Nugroho setiawan merupakan satu-satunya orang di Indonesia yang memiliki lisensi FIFA Security Officer.

Di tengah membludaknya pembahasan mengenai tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, setelah liga lanjutan I Arema-FC">Arema FC dikalahkan oleh tim tamu Persebaya Surabaya dengan skor 2-3, seorang warganet mengunggah cuitan yang melibatkan nama Nugroho Setiawan.

Seperti diketahui, tragedi yang menewaskan 129 orang tersebut menjadi perhatian khusus oleh publik. Warganet tersebut menyebut bahwa Nugroho Setiawan menjadi salah satu orang yang mengerti mengenai safety dan security pertandingan karena ia merupakan satu-satunya orang di Indonesia yang mengantongi FIFA Security Officer.

Baca Juga: Rumah Tangganya Juga di Ujung Tanduk, Dedi Mulyadi Beri Pesan Menyentuh ke Lesti Kejora, Begini Katanya

Nugroho Setiawan ditanya mengenai permasalahan sepak bola Indonesia dan ia menjawab, “Sebenarnya masalahnya itu-itu saja, dan usaha (perbaikan) ke arah situ sering terlupakan karena sibuk untuk menggelar pertandingan dan kompetisinya, mengejar klasemen, dan mengejar revenue barangkali ya,” ujarnya dikutip dari suara.com.

Ia menyebut bahwa pemangku kebijakan sepak bola Indonesia seharusnya bekerja sama untuk membuat budaya suporter sepak bola lebih baik melalui prosedur pengamanan dan infrastruktur yang harus tetap dikawal.

Nugroho Setiawan pernah menjabat sebagai Security Officer Pelita Jaya pada tahun 2008. Setelah itu, ia menjadi Head of Infrastructure, Safety and Security PSSI.

Ia disebut sebagai satu-satunya security officer dari Indonesia yang mengantongi lisensi dari FIFA.

Halaman:

Editor: Dian Naren

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X