UMP 2023 Jawa Tengah Menjadi yang Terendah, Begini Dampak Kerugiannya

- Rabu, 30 November 2022 | 12:15 WIB
UMP 2023 Jawa Tengah Menjadi yang Terendah, Begini Dampak Kerugiannya (Freepik)
UMP 2023 Jawa Tengah Menjadi yang Terendah, Begini Dampak Kerugiannya (Freepik)

AYOJAKARTA.COM - Dari data kenaikan UMP 2023, provinsi-provinsi utama di Jawa terutama Jawa Tengah memiliki UMP yang paling rendah dibanding dengan provinsi lain di Indonesia.

Walaupun sudah mengalami kenaikan UMP namun Jawa Barat, Yogyakarta, dan Jawa Tengah belum bisa meyentuh angka dua juta rupiah.

Karena adanya gap UMP yang cukup tinggi antara Jabodetabek dan Jawa Tengah maka banyak pabrik yang melakukan relokasi ke area Jawa Tengah.

Baca Juga: Tok!! Pemerintah Tetapkan UMP 2023 Naik, Berikut Daftar Kenaikan Masing-masing Provinsi, Cek Daerahmu di Sini

Menurut data dari akun Twitter @Strategi_Bisnis, pada tahun 2023 Tangerang akan kehilangan 10 ribu lapangan kerja karena pabrik sepatu akan pindah ke Jawa Tengah.

Keputusan relokasi pabrik karena adanya gap UMP ini tentunya akan menguntungkan pihak pengusaha karena bisa menghemat pengeluaran untuk tenaga kerja.

Misalkan saja sebuah pabrik memiliki 1.000 pegawai, dengan gap UMP sekitar 3 juta maka perusahaan akan hemat 3 miliar setiap bulannya atau 36 miliar per tahun.

Baca Juga: UMP 2023 Diumumkan, UMK Bekasi 2023 Tertinggi! Cek Nominalnya di Sini

Namun akan ada pihak yang dirugikan, yaitu bagi daerah yang ditinggalkan pabrik tersebut akan banyak buruh yang kehilangan pekerjaannya.

Halaman:

Editor: Desi Kris

Sumber: suara.com, Twitter @Strategi_Bisnis

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X