9 Tradisi Masyarakat Jawa Peringati Malam 1 Suro, Mulai Tapa Bisu hingga Kungkum

- Rabu, 27 Juli 2022 | 22:28 WIB
Tradisi Unik di Indonesia Sambut Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram 1444 H, Salah Satunya Ruwat Keris Pusaka  (sumber:mapaybandung.com)
Tradisi Unik di Indonesia Sambut Tahun Baru Islam 2022 1 Muharram 1444 H, Salah Satunya Ruwat Keris Pusaka (sumber:mapaybandung.com)

AYOJAKARTA.COM--Malam 1 Suro merupakan malam yang diyakini oleh sebagian masyarakat besar di Jawa sebagai malam yang mistis.

Pelaksanaan tradisi Malam 1 Suro 2022 akan dilakukan pada malam sebelumnya yaitu pada pasaran Jumat Legi. Ritual-ritual Jawa hingga saat ini pun masih berlaku karena mitos-mitos mistis yang beredar. Sehingga masih banyak yang mempercayai mitos yang ada.

Baca Juga: Link Nonton Film Malam Satu Suro Suzanna, Cinta Beda Alam

Pada malam 1 Suro selain banyak mitos yang dipercayai, larangan dan juga pantangan Malam 1 Suro masih berlaku hingga saat ini. Sebagian besar orang percaya, dan takut terkena sial saat melanggar pantangan-pantangan tersebut.

Malam 1 Suro dianggap sangat istimewa dalam kepercayaan Kejawen karena bulan ini dipercayai sebagai bulan kelahiran huruf Jawa.

Dalam buku misteri bulan suro perspektif Islam dijelaskan penganut Kejawen percaya bahwa bulan tersebut merupakan bulan kedatangan Aji Saka ke Pulau Jawa dan kemudian membebaskan rakyat Jawa dari cengkeraman makhluk gaib.

Baca Juga: 10 Tradisi Sambut Tahun Baru Islam 1 Muharram di Indonesia, Pawai Obor hingga Mabit di Masjid

Ada beberapa tradisi pada Malam 1 Suro ini yang dilakukan masyarakat Jawa, yakni:

  1. Tapa bisu

Tapa bisu adalah tradisi yang dilakukan oleh abdi dalem Keraton Yogyakarta yang digelar setiap Malam 1 Suro, sesuai penanggalan kalender Jawa.

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: pinterpandai.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rekomendasi Desa Wisata di Semarang dengan Air Terjun

Jumat, 21 Oktober 2022 | 16:47 WIB
X