Efektif Meningkatkan Antibodi dan Imunitas, Ini Kata Jubir Penanganan Covid-19 Tentang Vaksin Dosis 4

- Jumat, 5 Agustus 2022 | 10:54 WIB
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB) (Beritabulukumba.com).
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB) (Beritabulukumba.com).

AYOJAKARTA.COM - Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Profesor Wiku Adisasmito menjelaskan, selain menerapkan disiplin protokol kesehatan 3M yang ketat, mendapatkan vaksin secara optimal melindungi diri dari COVID-19 bahkan mencegah kenaikan kasus.

Vaksin COVID salah satu upaya pelengkap untuk tidak memberi ruang bagi virus untuk hidup, atau bahkan bermutasi menjadi varian atau subvarian baru.

Perkembangan vaksinasi booster terjadi peningkatan 70 persen dalam sebulan terakhir.

Terkini, Kementerian Kesehatan merencanakan pemberian dosis keempat untuk para tenaga kesehatan sebagai salah satu populasi berisiko.

Upaya dosis keempat ini didasarkan dari rata-rata keberlangsungan imunitas dari vaksinasi yaitu enam bulan pasca disuntikkan.

Baca Juga: Jenis Vaksin Booster Ke-2 yang Akan Segera Diberikan kepada Masyarakat!

Dikutip AyoJakarta.com dari covid19.go.id Kamis (4/8/2022), Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Profesor Wiku Adisasmito menjelaskan penyuntikkan vaksin dosis keempat ini efektif meningkatkan level antibodi dan imunitas.

"Terkait dosis keempat ini, ada penelitian lain yang mendukung. Studi dari COV-Boost yang menunjukkan penyuntikkan dosis keempat vaksin mRNA efektif meningkatkan level antibodi dan imunitas seluler tanpa menimbulkan KIPI yang berat," kata Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 secara virtual, Kamis (28/7/2022) yang disiarkan YouTube kanal resmi Sekretariat Presiden.

Penelitian lainnya, EMA’s COVID-19 task force (ETF) dan the European Centre for Disease Prevention and Control (ECDC), menyampaikan rekomendasi pemberian vaksin dosis keempat harus dilakukan sesuai prioritas risiko penularan.

Halaman:

Editor: Fathul Amanah

Sumber: covid19.go.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X