Bolehkah Seorang Muslim Pakai Gigi Emas? Berikut Penjelasannya!

- Kamis, 21 Juli 2022 | 20:01 WIB
Ilustrasi gigi palsu. (Nina Edmondson dari Pixabay )
Ilustrasi gigi palsu. (Nina Edmondson dari Pixabay )

AYOJAKARTA.COM—Dalam  masyarakat kadang kita menemui seseorang memakai gigi emas. Harga satu gigi emas inipun terbilang cukup tinggi, dari ratusan ribu hingga jutaan.

Lalu bagaimanakah ketika seorang muslim menggunakan gigi emas tersebut? Bagaimanakah dalil agama yang berlaku?.

Gigi emas biasanya berperan seperti gigi palsu, menjadi alat bantu untuk menggantikan gigi asli yang hilang atau rusak dan membahayakan jaringan gusi di sekelilingnya.

Baca Juga: Shandy Purnamasari Umumkan Pisah dari Juragan 99 Setelah Pulang Haji, di Tengah Konflik PS GLOW - MS GLOW

Mengutip dari berbagai sumber, penggunaan gigi emas ini pada zaman dulu karena orang-orang cenderung tidak mempertimbangkan unsur keindahan, plus karena tidak ada pilihan. Pilihan material yang sangat estetik saat itu hanya porcelain yang gampang pecah. Dan alasan lainnya karena gengsi, menunjukkan yang bersangkutan punya uang untuk membeli emas.

Bagaimana Islam memandang penggunaan gigi emas?.

Baca Juga: Sosok AKP Rita Yuliana, Gagal Jadi Dokter, Pernah Diterima Sekolah Pramugari Berakhir di Akpol

Dilansir di About Islam, rumah fatwa Al-Azhar  yang dikutip Republika.co.id, Kamis(21/7/2022), menyebut tidak ada yang salah dalam hal ini, sejauh menyangkut Islam. Bagi pria dan wanita diperbolehkan memiliki gigi emas, keperakan dan platina selama diperlukan.

Dalam artikel tersebut, disampaikan bahwa hidung Arfajah Ibn Sad Al-Kinani (salah satu sahabat Nabi) terluka parah dalam salah satu pertempuran. Arfajah lantas mengganti bagian hidungnya yang terluka dengan yang keperakan. Setelah hidung keperakan ini perlahan rusak seiring berjalannya waktu, Nabi Muhammad SAW memerintahkannya untuk mengganti dengan yang lain dari emas.

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Republika.co.id

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rahasia Mbah Moen dalam Menghadapi Cobaan Hidup

Jumat, 2 Desember 2022 | 06:25 WIB
X