Update Terbaru 2022, Syarat dan Cara Mengurus Perpanjangan SIM Online

- Senin, 4 Juli 2022 | 17:31 WIB
Cara membuat SIM online
Cara membuat SIM online

AYOJAKARTA-Tak perlu repot-repot lagi mengurus Perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) karena sekarang bisa dilakukan secara online.

Bila SIM anda segera berakhir masa berlakunya, namun terbentur waktu atau kesibukan untuk mengurus perpanjangannya, maka bisa menggunakan aplikasi Digital Korlantas Polri. Aplikasi tersebut dapat dicari terlebih dahulu lewat Google Play atau Apple Store.

Sebelum cara mengurusnya, begini syarat perpanjangan SIM online, seperti dikutip dari Instagram @digitalkorlantas, dikutip Ayoindonesia, Senin (4/7/2022).

Baca Juga: Jadwal Lokasi SIM Keliling Jakarta Senin 4 Juli 2022 Ada 5 Tempat, Simak Info Biayanya di Sini!

1. Membawa foto SIM lama;
2. Membawa Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-e);
3. Membawa hasil pemeriksaan kesehatan (Rikkes) jasmani;
4. Membawa hasil tes psikologi;
5. Tanda tangan di atas kertas putih;
6. Membawa pas foto dengan latar berwarna biru.

Namun, pemohon harus mengurus Perpanjangan SIM dimulai dari 90 hari sebelum masa berlakunya habis. Nantinya, semua berkas akan diunggah melalui aplikasi Digital Korlantas, berikut ini cara-cara yang bisa diikuti.

Baca Juga: Viral ACT, Yayasan Aksi Cepat Tanggap Tentang Penggelapan Dana Umat, Cek Faktanya Berikut!

Cara mengurus perpanjangan SIM Online

  • Pertama, unduhlah aplikasi Digital Korlantas. Kemudian masuk dan lakukan verifikasi data dari berkas yang sudah dipersiapkan;
  • Kedua, klik menu SIM lalu pilih perpanjangan SIM.                                                Ikuti semua petunjuk pengisian data yang dibutuhkan dan lakukan pembayaran.
  • Ketiga, Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) akan melakukan verifikasi data dan dokumen. Jika data dan dokumen yang diunggah sudah lengkap dan benar, SIM akan segera dicetak.
  • Keempat, SIM akan dikirim sesuai dengan alamat pemohon atau bisa diambil di Satpas yang dipilih.

Jika pemohon mengalami kendala dalam verifikasi KTP-e, pastikan wajah harus berada di area foto, pencahayaan yang baik, dan tidak diperkenankan menggunakan kacamata.  Ingat, penuhi semua berkas dan lakukan pengurusan sesuai prosedur yang ada, agar mudah hasilnya. (Suryadi/Ayocirebon.com)

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: AyoIndonesia.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

P-21, Berkas Dinyatakan Lengkap, FS Siap Disidang!

Kamis, 29 September 2022 | 13:01 WIB
X