PPATK Blokir 60 Rekening Milik ACT

- Rabu, 6 Juli 2022 | 20:38 WIB
ACT  (Bonsernews.com/Antara/Asep Firmansyah)
ACT (Bonsernews.com/Antara/Asep Firmansyah)

AYOJAKARTA.COM-- Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan telah membekukan sejumlah rekening milik lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap ( ACT).

Setidaknya ada 60 rekening milik ACT di 33 lembaga jasa keuangan yang diblokir, karena ditemukan data terkait dugaan penyelewengan dana.

Hal tersebut disampaikan, Kepala PPATK Ivan Yustiavandana saat konferensi pers di Kantor PPATK Jakarta Pusat pada Rabu (6/7/2022).

Baca Juga: Kemensos Resmi Cabut Izin Pengumpulan Uang dan Barang, Benarkah Kantor ACT di Bandung Masih Beroperasi?

“Per hari ini, PPATK menghentikan sementara transaksi atas 60 rekening atas nama entitas yayasan tadi di 33 penyedia jasa keuangan, sudah kami hentikan, “ jelas Ivan mengutip Antara, Rabu (6/7/2022).

Imbuh Ivan , pemblokiran rekening itu dilakukan setelah PPATK menerima laporan dari 33 lembaga penyedia jasa keuangan. Ia juga membantah soal tudingan PPATK  baru bertindak setelah ramainya pemberitaan soal ACT di media dan media sosial.

"Sebelum itu, bukan tidak ada yang dibekukan, ada dibekukan (rekening), hanya terkait dengan yang secara tidak langsung tadi. Itu sudah dilakukan," katanya mengutip Suara.com, Rabu (6/7/2022).

Baca Juga: Ini Prediksi Tanggal Pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 35. Loloskah Anda?

Namun, Ivan tidak merinci jumlah rekening dan waktu pembekuan itu dilakukan. Dia menjelaskan, mereka akhirnya kembali membekukan  60 rekening milik ACT untuk sementara di 33 lembaga jasa keuangan, karena baru menemukan data terkait dugaan penyelewengan dana di ACT.

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Suara.com, Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X