PNM Bina Wanita Ultra Mikro Budidaya Lebah Klanceng di Purwokerto

- Jumat, 23 September 2022 | 08:36 WIB
PNM Bina Wanita Ultra Mikro Budidaya Lebah Klanceng di Purwokerto (Istimewa)
PNM Bina Wanita Ultra Mikro Budidaya Lebah Klanceng di Purwokerto (Istimewa)

AYOJAKARTA.COM - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) semakin aktif dalam menjalin kerjasama bersama beberapa Universitas di Indonesia dalam mendukung UMKM maju salah satunya adalah Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

PNM menggandeng Unsoed yang memiliki peta penyebaran potensi lebah klanceng yang tersebar di wilayah Kab. Banyumas, Pageraji, Langgongsari, Pagelarang, Kemrajen, Pajerukan, Kalibagor, dan Limpakuwus yang ternyata banyak nasabah PNM Mekaar di wilayah tersebut.

PNM melakukan pemberdayaan dan pendampingan (pelatihan) melalui program Pengembangan Kapasitas Usaha (PKU) yang diberikan kepada nasabah PNM Mekaar di wilayah Purwokerto dengan jumlah total 50 peserta yang terdiri dari Mekaar Unit Cilongok 2.

Baca Juga: Info Loker BUMN Penempatan Jakarta dan Banten: PT PNM BUMN Buka Rekrutmen Serentak untuk SMA/SMK/S1

PNM Bina Wanita Ultra Mikro Budidaya Lebah Klanceng di Purwokerto (Istimewa)

Pelatihan digelar di Balai Desa Pageraji Kec. Cilongok Kab. Banyumas, Purwokerto (22/09).

Kegiatan ini merupakan program pemberdayaan yang dirancang melalui Program PKU yang dikenal dengan sebutan “Klasterisasi Sektoral” yaitu pelatihan di sektor budidaya lebah madu klanceng.

Pelatihan yang diberikan berupa sosialisasi terkait strategi dan optimalisasi budidaya dan pemasaran lebah klanceng, pentingnya kemasan, label dan branding dalam mendukung pemasaran sebuah produk hasil budidaya lebah klanceng.

Baca Juga: PNM Dorong Siswa SMK Jadi Wirausaha Muda Melalui Madani Entrepreneur Academy

Halaman:

Editor: Desi Kris

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X