Para Ahli Ekonomi Beri Alarm Resesi Global, Apa Penyebabnya?

- Kamis, 29 September 2022 | 15:34 WIB
Para Ahli Ekonomi Beri Alarm Resesi Global, Apa Penyebabnya? (Pixabay/geralt)
Para Ahli Ekonomi Beri Alarm Resesi Global, Apa Penyebabnya? (Pixabay/geralt)

AYOJAKARTA.COM - Peringatan terkait datangnya resesi global yang semakin nyaring dari hari ke hari.

Selama seminggu terakhir, tokoh-tokoh ternama dari Kepala Organisasi Perdagangan Dunia (WTO) hingga ekonom peraih Nobel Amerika, Paul Krugman telah membunyikan alarm tentang kemungkinan penurunan global.

Dalam sebuah survei yang dirilis oleh Forum Ekonomi Dunia yang berbasis di Swiss pada Rabu (28/9/2022), tujuh dari 10 responden dalam sampel 22 ekonom sektor swasta dan publik terkemuka mengatakan bahwa mereka percaya resesi global setidaknya mungkin akan terjadi pada tahun 2023.

Sementara itu, Ned Davis Research, sebuah firma riset yang berbasis di Florida yang dikenal dengan Model Probabilitas Resesi Global, meningkatkan kemungkinan resesi global tahun depan menjadi 98,1 persen.

Angka ini tertinggi sejak penurunan terkait pandemi COVID-19 tahun 2020 dan krisis keuangan global 2008-2009.

Baca Juga: Ini Cara Kota Bogor Antisipasi Resesi Ekonomi

Sementara perang di Ukraina, kebijakan pandemi, serta inflasi yang tak terkendali, semuanya mengaburkan prospek ekonomi, investor akan sangat khawatir tentang prospek Federal Reserve Amerika Serikat menaikan suku bunga begitu agresif, sehingga ekonomi terbesar di dunia itu memasuki resesi.

Secara historis, AS dan bank sentral lainnya mengalami kesulitan untuk mengelola tugas menaikkan suku bunga, yang meningkatkan biaya pinjaman dan investasi untuk bisnis dan rumah tangga tanpa memberikan pukulan telak terhadap pertumbuhan ekonomi.

Resesi masa lalu, yang biasanya didefinisikan sebagai dua kuartal berturut-turut pertumbuhan negatif, telah disalahkan pada upaya Fed untuk mendinginkan inflasi yang tinggi, termasuk penurunan berturut-turut pada awal 1980-an.

Halaman:

Editor: Fathul Amanah

Sumber: aljazeera.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gempa Berpotensi Tsunami Terjadi di Kepulauan Solomon

Selasa, 22 November 2022 | 10:28 WIB

Siap-Siap 2023 Dollar Tembus 16.000, Apa Saja Akibatnya?

Minggu, 20 November 2022 | 18:41 WIB

Pesona Kim Kun hee Istri Presiden Korea Selatan

Selasa, 15 November 2022 | 10:18 WIB
X