Gempa Bumi Mengguncang Kabupaten Pangandaran 4,5 SR Tadi Pagi, BMKG Ingatkan Gempa Susulan

- Sabtu, 3 Desember 2022 | 09:39 WIB
Ilustrasi kekuatan gempa. (poxabay.com)
Ilustrasi kekuatan gempa. (poxabay.com)

AYOJAKARTA.COM-Gempa bumi pagi ini mengguncang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat dengan kekuatan magnitudo 4,5 SR, pada Sabtu 3 Desember 2022.

Dikutip ayojakarta dari laman resmi Info BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4,5. Episenter terletak pada koordinat 8.11 LS dan 107.92 BT.

Atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 78 km BaratDaya Kab. Pangandaran, Jawa Barat pada kedalaman 26 km, gempa tersebut terjadi pada pukul 03.37 WIB.

Baca Juga: Update Info Gempa Terkini Sabtu 3 Desember 2022 , Magnitudo 4,5 SR Mengguncang Pangandaran

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposentrumnya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi Lempeng.

Saran BMKG, agar berhati-hati terhadap gempa bumi susulan yang mungkin akan terjadi.

BMKG menjelaskan bahwa dalam beberapa menit pertama setelah gempa, parameter gempa dapat berubah dan boleh jadi belum akurat kecuali telah dianalisis ulang oleh seismologist.

Berikut data lengkap laporan gempa dari Info BMKG :

Baca Juga: Ini Dia 6 Kabar Hoaks Beredar di Tengah Penanganan Gempa Cianjur, Simak Selengkapnya di Sini!

#Gempa Mag:4,5 , 03-Dec-2022 03:37:20 WIB, Lok:8.31LS, 107.93BT (92 km BaratDaya KAB-PANGANDARAN-JABAR) Kdlmn:27 Km #BMKG

Dampak dari gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan  di wilayah Pangandaran  dengan Skala Intensitas III MMI.

Baca Juga: Heboh Fenomena Wisata Bencana di Lokasi Gempa Cianjur, Ini Langkah Polisi hingga Menteri PMK dan Ridwan Kawil

Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, di Tasikmalaya, Garut dengan skala Intensitas II-III MMI.

Getaran dirasakan oleh beberapa orang , benda-benda ringan yang digantung bergoyang-goyang.

Namun hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi Tsunami.***

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: BMKG

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X