Kabar Gembira! Bansos PKH, BSA YAPI dan PIP Sudah Cair Nih, Ini Cara Ceknya...

- Jumat, 27 Januari 2023 | 21:49 WIB
Kabar Gembira! Bansos PKH, BSA YAPI Dan PIP Sudah Cair Nih, Ini Cara Ceknya... (Unsplash)
Kabar Gembira! Bansos PKH, BSA YAPI Dan PIP Sudah Cair Nih, Ini Cara Ceknya... (Unsplash)

AYOJAKARTA.COM - Pemerintah telah menyalurkan berbagai program bantuan sosial (bansos) pada bulan Januari ini, diantaranya Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Sembako Adaptif Yatim Piatu (BSA YAPI), dan Program Indonesia Pintar (PIP).

Bagi masyarakat yang terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), jika di bulan Januari belum mendapatkan bantuan PKH, BSA YAPI dan PIP, maka dapat melapor ke narahubung Kemensos.

Apabila tidak ingin melapor, tunggu saja jika bulan Januari 2023 tidak cair, maka diperkirakan cair pada bulan Februari 2023. Lantaran, jadwal pencairan bansos tahap 1 ini pada Januari, Februari, dan Maret 2023.

Baca Juga: Rekomendasi 3 Film Jelang Hari Valentine, Cocok Ditonton Bersama Orang Tersayang

Ketika hendak ingin melapor ke nomor kemensos, hendaknya anda terlebih dahulu mengetahui memastikan nominal bansos PKH, BSA YAPI, dan PIP yang diterima.

Berikut komponen besaran bansos PHK 2023 bagi keluarga miskin yang terdaftar di DTKS:

1. Ibu hamil dan anak usia dini 0-6 tahun masing-masing mendapat RP250.000 ribu perbulan atau setara Rp3 juta per tahun.
2. Pelajar SD Rp75.000 per bulan atau setara dengan Rp90.000 per tahun.
3. Pelajar SMP Rp125.000 per bulan atau setara Rp1,5 juta per tahun.
4. Pelajar SMA, Rp166.000 ribu per bulan atau sekitar Rp2 juta per tahun.
5. Bagi Disabilitas berat dan lansia masing-masing Rp200.000 per bulan atau sekitar Rp2,4 juta per tahun.

Baca Juga: Tok! JPU Tuntut Agus Nurpatria Terdakwa Obstruction of Justice Kasus Brigadir J dengan Pidana dan Denda Ini!

Untuk bantuan BSA YAPI akan disalurkan melalui PT POS Indonesia dengan besaran Rp200.000 per bulan. Syarat penerima bansos ini tentunya anak yatim piatu dan tergolong miskin/tidak mampu.

Untuk besaran bansos PIP 2023 Kemendikbud untuk SD Rp450.000, SMP Rp750.000, dan SMA/SMK Rp1 juta. Syarat penerima tentunya pelajar (SD/SMP/SMA/SMK) yang telah memiliki Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan berasal dari keluarga miskin atau keluarga yang terdaftar mendapat bansos PKH.

Baca Juga: Biodata Profil Wahyu Iman Santoso, Hakim Ketuas Kasus Pembunuhan Terdakwa Ferdy Sambo

Selain bansos PIP 2023 Kemendikbud ada juga bansos PIP Kemenag yaitu untuk MI Rp450.000, MTS Rp750.000, dan MA Rp1 juta. Untuk syarat tentunya sama dengan penerima bansos PIP Kemendikbud.

Namun bagi pelajar yang berstatus yatim/piatu/yatim piatu/anak berkebutuhan khusus (ABK)/anak yang mengalami rentan kemiskinan dibuktikan dengan surat keterangan tidak mampu (SKTM).

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah bansos tersebut telah disalurkan atau belum, bisa melalui website atau aplikasi Cek Bansos dengan cara berikut seperti dikutip oleh Ayojakarta.com dari ayobandung.com : 

Halaman:

Editor: Jinan Vania Barizky

Sumber: AyoBandung.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X