Daftar 73 Obat Sirup yang Ditarik oleh BPOM Diduga Terkait Gagal Ginjal Akut: Masih akan Bertambah?

- Sabtu, 12 November 2022 | 07:06 WIB
BPOM menarik peredaran 73 obat sirup yang diduga terkait dengan gagal ginjal akut pada anak (Instagram @bpom_ri)
BPOM menarik peredaran 73 obat sirup yang diduga terkait dengan gagal ginjal akut pada anak (Instagram @bpom_ri)

AYOJAKARTA.COMBadan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) memerintahkan lima perusahaan farmasi untuk menarik 73 obat sirup dari pasaran menyusul hasil investigasi lembaga itu.

Lima perusahaan itu terbukti melanggaran aturan produksi obat karena menggunakan bahan pelarut propilen glikol yang tidak memenuhi syarat. Investigasi BPOM juga menemukan ada pelanggaran pada produk jadi dari kedua perusahaan farmasi tersebut.

Sejumlah produk dari lima perusahaan farmasi itu juga dinyatakan mengandung cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DEG) yang melebihi ambang batas aman.

Kandungan bahan kimia pada 73 obat sirup tersebut diduga terkait dengan kasus gagal ginjal akut terutama pada anak yang marak belakangan ini.

Baca Juga: Febri Diansyah: Kami Punya Bukti Kekerasan Seksual Terhadap Putri Candrawathi Tanggal 7 Juli oleh Yosua

Baca Juga: CEK FAKTA: Beneran Muhammadiyah Mau Beli Gereja Senilai Rp40 Miliar di Madrid Spanyol?

Awalnya, BPOM memerintahkan penarikan peredaran 69 obat sirup dari 3 perusahaan farmasi besar (PFB). Kemudian pada 8 November 2022, lembaga itu kembali mengumumkan ada 4 obat sirup dari 2 PFB yang harus ditarik dari peredaran.

Penarikan 4 obat sirup dari peredaran secara detail dijabarkan BPOM melalui Penjelasan BPOM Nomor HM.01.1.2.11.22.178.

Penjelasan tertanggal 9 November yang ditayangkan di laman resmi BPOM itu memuat tentang Perkembangan Hasil Pengawasan Sirup Obat dan Penindakan Bahan Baku Propilen Glikol yang Mengandung Cemaran EG dan DEG Melebihi Ambang Batas.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X