Melihat Gempa Cianjur dari Sisi Psikologis dan Trauma Healing yang Dibutuhkan

- Sabtu, 26 November 2022 | 09:36 WIB
Azka, bocah selamat dari reruntuhan usai gempa Cianjur. (AyoBandung.com/Restu Nugraha)
Azka, bocah selamat dari reruntuhan usai gempa Cianjur. (AyoBandung.com/Restu Nugraha)

AYOJAKARTA.COM – Korban terdampak gempa bumi Cianjur tidak hanya fisiknya saja yang mengalami luka-luka tetapi bisa juga ada trauma yang terjadi dalam psikologisnya.

Para korban tidak hanya butuh perawatan secara fisik saja tetapi juga butuh pendampingan secara psikologis untuk mendapat trauma healing.

Selain terkena guncangan bencana alam, ada dampak psikologis yang dialami para korban terlebih bagi korban yang kehilangan orang terdekatnya.

Baca Juga: Cianjur Masih Diguncang Gempa Susulan hingga Sabtu Dini Hari

Dilansir AyoJakarta.com dari kanal YouTube tvOneNews, menurut Ajeng Raviando sebagai Psikolog, bahwa para korban butuh pendampingan agar dapat merasakan saluran empati dari orang lain.

“Jadi untuk bisa menangani trauma secara psikologis tentunya mereka butuh didampingi, butuh mengetahui bahwa ada beberapa orang yang peduli dan punya empati terhadap apa yang mereka rasakan,” ujar Ajeng, dikutip AyoJakarta.com pada Sabtu, 26 November 2022.

Pendampingan sangat penting dilakukan untuk dapat membantu para korban bangkit secara psikososial dan juga krisis emosi.

Baca Juga: Update Terbaru Jumlah Korban Meninggal yang Telah Ditemukan Akibat Gempa dan Longsor di Cianjur

“Pada akhirnya mereka tahu bahwa mereka tidak sendiri, ada banyak orang-orang yang mau berempati dengan mereka, akan membantu mereka. Sehingga hal tersebut akan membantu mereka secara psikososial untuk bisa sedikit demi sedikit menghilangkan ketakutan maupun krisis emosi,” kata Ajeng.

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Sumber: YouTube tvOneNews

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X