Muhammadiyah Melarang Perayaan Maulid Nabi? Siapa Bilang!

- Sabtu, 1 Oktober 2022 | 11:55 WIB
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti (muhammadiyah.or.id)
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti (muhammadiyah.or.id)

AYOJAKARTA.COM – Sepertinya tidak sedikit kaum muslimin yang berpandangan bahwa Muhammadiyah sebagai organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia termasuk yang melarang atau melabeli bid’ah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Tetapi, apakah benar demikian bahwa Muhammadiyah memiliki fatwa bahwa perayaan Maulid Nabi Muhammad adalah perilaku bid’ah?

Silakan simak dulu deh pandangan dari Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti seperti dilansir laman resmi Muhammadiyah di www.muhammadiyah.or.id.

Abdul Mu’ti menegaskan bahwa hukum peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw adalah mubah, yakni tidak dilarang sekaligus tidak diperintahkan.

“Tapi juga bisa memiliki nilai dan makna yang sangat penting bahkan bisa bernilai ibadah jika perayaannya kita selenggarakan sesuai dengan tuntutnan agama dan kita niatkan sebagai bagian dari kita beribadah kepada Allah,” kata Mu’ti dalam Pengajian Maulid Nabi Universitas Muhammadiyah Kudus, Selasa 19 Oktober 2021.

Abdul Mu’ti lantas mengutip penjelasan murid Kiai Ahmad Dahlan yaitu Kiai Mas Mansur terkait Maulid Nabi dalam buku karya Amir Hamzah Wiryosukarto.

“Kalau peringatan itu sebagai sesuatu yang wajib dilakukan, maka itu bisa disebut sebagai bid’ah…. Tapi jika peringatan itu tidak dimaksudkan sebagai sesuatu yang diwajibkan, maka tidak ada masalah dalam penyelenggaraan Maulid Nabi.”

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah itu memberikan contoh misalnya peringatan Mauli Nabi dalam rangka kita mengambil uswah, keteladanan dan kemudian mengagungkan Nabi Muhammad sebagai Rasulullah dan meningkatkan komitmen kita untuk mengikuti ajaran Rasulullah.

“Dan karena itu yang jadi bagian penting adalah bagaimana kita mengambil pelajaran dari peri-kehidupan Rasulullah dan kemudian menjadikan peringatan Maulid Nabi ini sebagai bagian dari proses edukasi atau proses di mana kita berusaha untuk membentuk karakter muslim yang baik dengan meneladani peri-kehidupan Nabi Muhammad,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rahasia Mbah Moen dalam Menghadapi Cobaan Hidup

Jumat, 2 Desember 2022 | 06:25 WIB
X