Gempa Berkekuatan 8,9 Magnitude Berpotensi Melanda Jawa dan Sumatera, Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini!

- Rabu, 30 November 2022 | 16:15 WIB
Gempa Berkekuatan 8,9 Magnitude Berpotensi Melanda Jawa dan Sumatera, Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini! (pixabay.com)
Gempa Berkekuatan 8,9 Magnitude Berpotensi Melanda Jawa dan Sumatera, Simak Penjelasan Lengkapnya di Sini! (pixabay.com)

AYOJAKARTA.COM - Baru-baru ini tersebar luas pemberitahuan mengenai gempa bumi berkekuatan besar yang akan melanda Indonesia, khususnya Jawa bagian barat dan Sumatera tenggara dikutip ayojakarta.com dari YouTube Kompas.com pada Rabu (30/11/2022).

Seperti diketahui, gempa merupakan peristiwa perambatan atau penjalaran gelombang gempa yang sampai ke permukaan bumi akibat lepasnya energi potensial yang dimiliki lapisan yang ada di bawah permukaan bumi secara mengejutkan dan tiba-tiba.

Dari hasil penelitian Pepen Supendi dari anggota BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) dan penelitian postdoctoral di University of Cambridge, gempa bumi berkekuatan 8,9 magnitude berpotensi terjadi di pesisir selatan Jawa bagian barat dan tenggera Sumatera.

Baca Juga: Mengharukan! Dianggap Tolak Bantuan Pasca Terdampak Gempa, Warga Cianjur Kirim Surat Cinta untuk Para Netizen

Hasil penelitian menunjukkan bahwa gempa di zona tersebut berpotensi menyebabkan tsunami hingga ketinggian 34 meter.

Hasil penelitian tersebut juga diterbitkan di jurnal Natural Hazard.

Diketahui zona gempa di selatan Jawa bagian barat dan tenggara Sumatera sangat aktif.

Ini dikarenakan adanya pertemuan lempeng Indo-Australia dan subduksi di bawah lempengan Sunda.

Baca Juga: Pagi Ini Cianjur Kembali Diguncang Gempa Susulan, Getaran Terasa hingga ke Bandung

Halaman:

Editor: Fathul Amanah

Sumber: YouTube Kompas.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X