Sejarah Kelam di Balik Kemeriahan Panjat Pinang, Tradisi Sambut Kemerdekaan RI

- Senin, 1 Agustus 2022 | 20:03 WIB
panjat pinang
panjat pinang

 

AYOJAKARTA.COM--Memeriahkan Hari Kemerdekaan RI ke-77 biasanya akan digelar beraneka perlombaan yang melibatkan semua peran serta masyarakat. 

Tua, muda, anak-anak akan berperan serta dalam lomba-lomba dengan semangat kebersamaan. 

Dari beragam lomba yang banyak digelar menyambut Kemerdekaan RI ada satu lomba yang khas dan menjadi tradisi saat Agustusan. Apakah itu? . 

Baca Juga: Sepak Bola Durian di Kebumen, Tradisi Unik Sambut Kemerdekaan. Tak Boleh Sembarangan Orang Bermain

Lomba panjat pinang namanya, satu dari sekian lomba sambut Agustusan yang wajib dan menjadi tradisi di masyarakat. Cara bermain Panjat pinang ini terbilang mudah-mudah sulit. 

Untuk bermain panjat pinang, bahan yang paling utama adalah pohon pinang, biasanya setinggi  6,4 meter. Pohon pinang ini sebelumnya dibersihkan dulu, kemudian diolesi pelumas, minyak biar licin. Pada bagian pucuk pohon digantungi beragam hadiah atau barang. Kemudian pohon itu ditanam di dalam tanah agak dalam biar tidak roboh. kadang lomba Panjat Pinang digelar di lapangan, ataupun  tanah lumpur yang becek.

Dalam bermain umumnya sistem beregu 4-5 orang, jadi satu regu awalnya diwakili satu orang untuk memanjat Pohon pinang itu. Sementara rekan-rekan satu timya membantu mendorong dari bawah agar teman tersebut berhasil meraih puncak.

Baca Juga: Mengenal Telok Abang, Tradisi Sambut Kemerdekaan di Palembang. Unik Banyak Disukai Anak-anak

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: Berbagai Sumber

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gaji PNS Tidak Naik 5 Persen? Berikut Faktanya!

Jumat, 12 Agustus 2022 | 16:37 WIB
X