Wajib Diketahui, Inilah Perbedaan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Lahir Pancasila

- Jumat, 30 September 2022 | 18:45 WIB
Pancasila sebagai dasar NKRI
Pancasila sebagai dasar NKRI

AYOJAKARTA.COM--Hari Kesaktian Pancasila diperingati oleh seluruh bangsa Indonesia pada tanggal 1 Oktober setiap tahunnya. Hari kesaktian Pancasila bersangkut paut dengan peristiwa G30S/PKI yang terjadi tepat 57 tahun silam.

Hari besar lainnya yang menyematkan identitas Pancasila ialah Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Baca Juga: Sejarah Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober, Ternyata Berhubungan dengan G30S PKI!

Kedua hari ini merupakan hal yang sangatlah berbeda. Tidak hanya berbeda pada tanggal peringatannya, ternyata ada hal lain juga yang membedakan hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila. Mari simak penjelasan berikut yang dilansir dari Pikiran Rakyat.com dalam artikel Perbedaan Hari Lahir Pancasila dengan Hari Kesaktian Pancasila.

Hari Lahir Pancasila

Sejarah dilahirkannya Pancasila berawal dari pidato yang disampaikan oleh Presiden Soekarno pada tanggal 1 Juni 1945. Hari lahirnya Pancasila dilatarbelakangi kekalahan Tentara Kekaisaran Jepang di akhir Perang Pasifik.

Baca Juga: Bendera Setengah Tiang, Ini 11 Link Twibbon G30S PKI Menolak Lupa Peristiwa Kelam

Diambil dari istilah yang ditulis Ketua Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), Dr. Radjiman Wedyodiningrat dalam pengantar buku berisi pidato Presiden Soekarno.

Beberapa hari mengalami kebuntuan setelah sidang pertama pada 29 Mei 1945, Soekarno pada 1 Juni 1945 menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka, yang dinama dengan “Pancasila.”

Halaman:

Editor: Kiki Dian Sunarwati

Sumber: pikiran-rakyat.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X