Korban Gempa Cianjur Bisa Dapatkan Kompensasi Kerusakan Rumah hingga Relokasi Pemukiman

- Selasa, 29 November 2022 | 13:29 WIB
Kompensasi Kerusakan Rumah hingga Relokasi Pemukiman Dampak Gempa Cianjur
Kompensasi Kerusakan Rumah hingga Relokasi Pemukiman Dampak Gempa Cianjur

AYOJAKARTA.COMgempa Cianjur yang telah terjadi tidak hanya memakan korban jiwa namun juga mengakibatkan kerusakan parah terhadap pemukiman warga baik rumah hunian maupun insfrastruktur umum.

Jumlah kerusakan rumah akibat gempa Cianjur yang telah didata oleh pemerintah adalah 58 ribu unit, jumlah ini masih akan terus bertambah karena proses pendataan belum sepenuhnya selesai.

Rincian kerusakan rumah yang terdampak gempa Cianjur adalah, rumah dengan rusak ringan sebanyak 20.376 unit, rusak sedang sebanyak 12.496 unit, dan rusak berat sebanyak 25.186 unit.

Baca Juga: Ungkap Keanehan di Sidang, Ronny Talapessy Bongkar Hal yang Belum Pernah Dibahas Soal CCTV Ini!

Untuk rumah dengan kerusakan ringan hingga sedang akan mendapat kompensasi dari pemerintah hingga maksimal 50 juta rupiah.

Sedangkan rumah dengan kerusakan berat nantinya akan mendapat bantuan pembangunan rumah baru atau akan direlokasikan ke tempat tinggal yang lebih aman bencana.

Sampai saat ini pemerintah masih terus melakukan pendataan rumah terdampak gempabumi, namun jika masyarakat khawatir rumahnya belum terdata oleh pemerintah maka bisa mengajukan secara mandiri.

Dilansir AyoJakarta.com dari kanal YouTube metrotvnews, pengajuan mandiri kompensasi rumah rusak akibat gempa bisa dilakukan pada aplikasi Rutena.

Baca Juga: Miris! Sekeluarga Tewas Diracuni Anak Kandungnya di Magelang : Syok! Padahal Desember Korban Mau Nikah

Masyarakat bisa mendownload melalui playstore atau bisa juga mengakses melalui laman www.rutena.perumahan.pu.go.id.

Rutena merupakan inovasi teknologi informasi berupa aplikasi pendataan rumah terdampak bencana yang dikembangkan oleh Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR.

Nantinya masyarakat akan diminta menginput data dalam aplikasi tersebut salah satunya adalah foto rumah dari berbagai sisi.

Kemudian setelah pengajuan disetujui, maka akan ada pihak pemerintah yang melakukan verifikasi dan menentukan tingkat kerusakan rumah dan bantuan yang akan diberikan.

Baca Juga: Terkini! Lembaga Pengelola Dana Pendidikan RI Pamit Undur Diri

Halaman:

Editor: Vincensia Enggar Larasati

Sumber: Youtube Metro Tv News

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X