BNPB Pastikan Tidak Ada Tsunami Akibat Letusan Gunung Semeru: Jaraknya Jauh dari Laut

- Selasa, 6 Desember 2022 | 10:10 WIB
Letusan Gunung Semeru yang terjadi Minggu,4 Desember 2022 dipastikan oleh BNPB bahwa tidak akan menimbulkan tsunami. (Dok. PVMBG via BNPB)
Letusan Gunung Semeru yang terjadi Minggu,4 Desember 2022 dipastikan oleh BNPB bahwa tidak akan menimbulkan tsunami. (Dok. PVMBG via BNPB)

AYOJAKARTA.COM – Letusan Gunung Semeru yang terjadi Minggu,4 Desember 2022 dipastikan oleh BNPB bahwa tidak akan menimbulkan tsunami.

Kepastian yang disampaikan pihak BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) merupakan jawaban dari kabar yang ramai beredar jika letusan Gunung Semeru akan sebabkan tsunami.

Bahkan tsunami yang disebabkan luncuran Awan Panas Guguran (APG) letusan gunung Semeru tersebut dikabarkan sampai hingga ke negara Jepang.

Baca Juga: Benarkah Erupsi Gunung Semeru Bisa Sebabkan Tsunami Sampai ke Jepang? Simak Nih Penjelasan BNPB!

BNPB pun merilis pernyataan atas kabar yang beredar tersebut pada laman resminya pada Senin, 5 Desember 2022.

“Ada beberapa alasan kenapa berita tersebut tidak bisa dipertanggungjawabkan, antara lain, Gunung Semeru merupakan gunung api darat dengan jarak cukup jauh dari laut sehingga potensi letusan / pyroclastic / partial collapse tidak sampai ke laut dan tidak bisa membangkitkan tsunami,” tulis BNPB, dikutip AyoJakarta.com dari laman resminya, Selasa, 6 Desember 2022.

Menurut BNPB posisi Gunung Semeru yang berada pada posisi Selatan Jawa jika terjadi longsoran di Pantai Selatan akibat adanya aktivitas vulkanik, kecil kemungkinannya akan menyebabkan tsunami.

Pasalnya jarak yang jauh tersebut tidak mungkin menyebabkan tsunami bahkan mampu menjangkau hingga ke negara Jepang, hal itu juga karena pasti akan terhalang oleh gugusan pulau-pulau di Indonesia.

Baca Juga: Awan Panas Gunung Semeru Memang Mereda, Namun Warga Diminta Waspada Potensi Banjir Lahar!

Halaman:

Editor: Tedi Rukmana

Sumber: BNPB

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X