Aturan Anyar Penerimaan Mahasiswa Baru lewat SNPMB 2023 dan UTBK 2023: Cek di Sini

- Jumat, 2 Desember 2022 | 09:26 WIB
Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 menjadi sistem baru penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN). (ayobandung)
Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 menjadi sistem baru penerimaan mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN). (ayobandung)

AYOJAKARTA.COM – Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 menjadi sistem baru penerimaan mahasiswa di Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Sistem seleksi masuk perguruan tinggi negeri tahun 2023 diselenggarakan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Perguruan Tinggi Negeri (PTN).

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 48 Tahun 2022 tentang Penerimaan Mahasiswa Baru Program Diploma dan Program Sarjana pada Perguruan Tinggi Negeri, terdapat 3 (tiga) jalur masuk

  1. Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP)
  2. Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT)
  3. Jalur Seleksi Mandiri.

SNBP dan SNBT sepenuhnya dipersiapkan oleh Tim SNPMB, sedangkan jalur Seleksi Mandiri dikelola sepenuhnya oleh PTN masing-masing.

Jalur SNBP dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik. Peserta SNBP adalah siswa kelas 12 yang akan lulus pada tahun 2023 dan tidak dikenai biaya untuk keikutsertaan dalam SNBP. Kuota minimum jalur SNBP masing-masing PTN adalah 20%.

Bagi siswa yang layak mendaftar SNBP, nilai rapor akan diinput melalui Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Baca Juga: Momen Menegangkan, dari Jarak 2 Meter Bharada E Tembak Yosua 4 Kali: Tembakan Pertama Saya Sempat Tutup Mata

Baca Juga: Siapa Bener Nih, Richard vs Ricky Rizal Soal Nabrakin Mobil & Ferdy Sambo Tertawa Setelah Yosua Ditembak

Selanjutnya, siswa yang telah lulus SNBP 2023, seperti halnya siswa yang telah lulus SNMPTN atau Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri pada tahun 2021 dan 2022, tidak diperbolehkan mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2023.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X