Keistimewaan Isra Miraj 2023 dan Kapan Waktunya? Simak Penjelasannya

- Rabu, 25 Januari 2023 | 21:24 WIB
Isra Miraj (Vincensia Enggar Larasati)
Isra Miraj (Vincensia Enggar Larasati)

AYOJAKARTA.COM - Isra Miraj merupakan perjalanan istimewa yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dalam waktu satu malam. Isra Miraj jugaa merupakan saat dimana Rasulullah SAW mendapatkan perintah untuk menunaikan shalat lima waktu dalam sehari semalam.

Isra Miraj menjadi peristiwa yang istimewa yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW karena Perjalanan yang memiliki jarak tempuh yang sangat jauh dari Masjidil Aqsa samapai ke Sidratul Muntaha hanya ditempuh dengan waktu semalam saja.

Isra Miraj adalah momen yang penting bagi umat Muslim. Jadi pada tahun 2023 ini Isra Miraj jatuh pada tanggal berapa? Simak jadwal Isra Miraj yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Pihak Dedi Mulyadi Bantah Tudingan Tak Beri Nafkah Anne Ratna Mustika: Tidak Hanya Uang Tapi Juga Ngasih...

Isra Miraj ditentukan setiap tanggal 27 Rajab setiap tahunnya berdasarkan pada kalender Islam atau kalender Hijriyah. Isra Miraj ini terjadi pada tahun 621 M silam.

Ketentuan Isra Miraj sebagai hari libur Nasional tertuang dari di dalam SKB 3 Menteri Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023. SKB 3 Menteri ini jatuh pada tanggal 27 Rajab 1444 Hijriyah yang bertepatan pada tanggal 18 Februari 2023 pada hari Sabtu.

Isra Miraj itu sendiri merupakan perjalanan malam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsa ke Sidratul Muntaha Bersama dengan Malaikat Jibril. Hal tersebut merupakan salah satu mukzijat yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW dari ALLAH SWT karena jarak yang begitu jauh ditempuh dengan waktu yang singkat.

Baca Juga: Waspada! Ini 9 Wilayah Lintasan Sesar Cugenang yang Sebabkan Gempa Susulan Cianjur Sebanyak 487 Kali

dikutip dari suara.com, Isra Miraj dianggap penting karena ini adalah waktu pertama kali Nabi Muhammad diperintahkan mengerjakan sholat lima waktu oleh Allah SWT, di mana hal ini tertuang dalam Kitab Kitab Fadhail ash-Shahabah dalam hadits berikut:

Halaman:

Editor: Dian Naren

Sumber: Suara.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X