Jangan Lupa, Besok Gerhana Bulan Total! Sekalian Simak Tata Cara Shalat Gerhana Ya

- Senin, 7 November 2022 | 07:52 WIB
Waktu yang tepat untuk menyaksikan gerhana bulan total 8 November 2022 untuk wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Aceh (bmkg.go.id)
Waktu yang tepat untuk menyaksikan gerhana bulan total 8 November 2022 untuk wilayah Sumatra Utara, Sumatra Barat, dan Aceh (bmkg.go.id)

AYOJAKARTA.COM – Jangan lupa, yang ingin lihat gerhana bulan total (GBT) Insya Allah puncaknya terjadi sekitar pukul 18.00-an, Selasa 8 November 2022, tergantung wilayah masing-masing.

Silakan lihat waktu detail puncak gerhana bulan total untuk masing-masing wilayah di bagian bawah artikel ya.

Sekarang kita bahas dulu tata cara shalat gerhana. Dalam bahasa Arab, shalat gerhana bulan disebut dengan shalat khusuful qamar.

Rasulullah Muhammad SAW memang menganjurkan umatnya untuk menjalankan shalat gerhana ketika fenomena alam itu terjadi.

Baca Juga: Nasihat Ustad Adi Hidayat untuk Pasangan yang Ingin Punya Keturunan dan Anak Soleh

Baca Juga: Ustad Adi Hidayat: Dahsyatnya Dzikir Nabi Yunus Biar Doa Cepat Terkabul

Nah, menyongsong peristiwa gerhana bulan total besok, Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau kaum muslimin untuk menjalankan shalat khusuful qamar atau shalat gerhana bulan di wilayah masing-masing.

"Insya Allah, pada 8 November 2022, akan terjadi Gerhana bulan total di seluruh wilayah Indonesia," kata Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin, dalam keterangannya.

Kemenag juga menginstruksikan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag untuk menyiapkan segala sesuatunya terkait dengan pelaksanaan shalat gerhana.

Halaman:

Editor: Eries Adlin

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X